Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya dalam Pemasaran


Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya

      Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya yang dimaksud dengan ekonomi mikro adalah suatu kegiatan yang melihat dan menganalisis kegiatan-kegiatan ekonomi dengan menganalisis bagian-bagian yang kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi, atau definisi ekonomi mikro yang lain yaitu merupakan suatu cabang Ilmu Ekonomi yang mempelajari mengenai prilaku konsumen dan produsen serta penentuan dari harga pasar maupun kuantitas faktor input, produk dan jasa yang diperjual belikan dalam pasar.


      Kegiatan Ekonomi Mikro umumnya mengacu kepada ruang lingkup yang lebih kecil seperti : rumah tangga dan perusahaan. Contoh yang mendasar seperti interaksi di pasar yaitu kegiatan jual-beli antara penjual dan pembeli atau konsumen dan produsen. Pada dasarnya konsumen selalu berusaha untuk memuaskan seluruh keperluan atau kebutuhannya dan penjual selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

      Analisa Ekonomi Mikro dibagi menjadi 3, diantaranya seperti di bawah ini:


1. Teori Harga

      Yaitu sebagai dasar untuk menganalisa interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa yang ada dalam pasar serta berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhinya. Hal yang dianalisa seperti:

  • Proses dari pembentukan harga yang dipengaruhi oleh interaksi antar permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa di dalam suatu pasar.
  • Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan maupun perubahan penawaran.
  • Hubungan antara harga permintaan dan penawaran
  • Bentuk-bentuk pasar 
  • Konsep elastisitas permintaan dan penwaran

2. Teori Produksi
      Teori Produksi sebagai dasar untuk menganalisa biaya produksi dan tingkat pruduksi. Hal yang dianalisa seperti:

  • Masalah mengenai biaya produksi barang atau jasa
  • Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi pihak produsen.
  • Kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen supaya tujuan mendapatkan laba yang maksimal bisa tercapai

3. Teori Distribusi
      Teori Distribusi adalah teori yang menganalisa Ekonomi Mikro mengenai upah karyawan atau tenaga kerja, besarnya bunga yang perlu dibayarkan kepada pemilik modal dan besarnya keuntungan yang didapatkan oleh produsen.

Aktivitas Unti-unti dari Ekonomi yang Dikaji dalam Ekonomi Mikro

Adapun aktivitas unit-unit dari ekonomi yang dikaji dalam ekonomi mikro, diantaranya seperti dibawah ini:

  1. Mempelajari mengenai bagaimana prilaku seseorang sebagai konsumen atau pembeli, sebagai pemilik dari sumber ekonomi dan sebagai produsen.
  2. Mempelajari bagaimana arus dari perputaran barang ataupun jasa yang dimulai dari produsen sampai kepada konsumen.
  3. Mempelajari mengenai bagaimana harga-harga barang atau jasa dapat dibentuk.
  4. Mempelajari mengenai bagaimana pihak produsen dalam menentukan tingkat produksinya supaya dapat tercapai keuntungan yang maksimal.
  5. Mempelajari mengenai bagaimana konsumen mengalokasikan penghasilannya yang terbatas untuk mendapatkan produk atau jasa yang dibutuhkannya sehingga bisa tercapai kepuasan yang maksimal.


Komponen yang terdapat pada ekonomi mikro


  1. Interaksi di Pasar Barang

          Hal pertama yang dijelaskan dalam teori ekonomi mikro yaitu tentang aktivitas suatu pasar barang. Dilihat dari segi pandangan ekonomi mikro, suatu perekonomian adalah gabungan bari berbagai jenis pasar, termasuk pasar barang. Maka untuk mengenal corak dari kegiatan suatu perekonomian, perlu untuk memperhatikan corak dari suatu pasar barang.
          Aktivitas tawar menawar menganai harga barang yang dilakukan oleh penjual dan pembeli di pasar. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk harga yang sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak. Pembentukan harga barang terjadi melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antar pihak penjual dan pembeli, dan kesepakatan harga dapat menghasilkan keseimbangan. Dengan mendalami ekonomi mikro dapat diketahui persoalan yang sedang terjadi dalam interaksi di dalam pasar.
  2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
       
           Lalu hal yang dijelaskan dalam teori ekonomi mikro yaitu mengenai tingkah laku konsumen dan produsen atau penmbeli dan penjual di dalam pasar. Kegiatan produsen dan konsumen pada kegiatan ekonomi dilandasi oleh tujuan mereka masing-masing. Dalam ekonomi mikro dibahas mengenai upaya konsumen dalam mencukupi kebutuhan dengan pendapatannya yang sangat terbatas, dan sementara itu prilaku produsen dibahas tentang upaya bagaimana produsen dalam memperoleh keuntungan yang maksimal. Anggapan  yang dipakai dalam menganalisis prilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi yaitu sebagaimana berikut:
    1. Pihak produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonpmi secara rasional.
    2. Konsumen berusaha mendapatkan kepuasan yang maksimal dengan dana yang sangat                 terbatas.
    3. Produsen berusaha mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan pengorbanan                     tertentu.
  3. Interaksi di Pasaran
         
          Hal terpenting lainnya yang dibahas dalam teori Ekonomi Mikro yaitu interaksi antara konsumen dan produsen atau penjual dan pembeli di pasaran faktor-faktor produksi. Pasar faktor produksi menyediakan faktor-faktor produksi yang diperlukan oleh pihak produsen untuk dapat melakukan kegiatan produksinya. Faktor produksi diantaranya seperti: SDA (Sumber Daya Alam), SDM (Sumber Daya Manusia), Modal dan kewirausahaan.


Itulah artikel yang membahas tentang pengertian ekonomi makro, semoga artikel yang kami buat bisa bermanfaat bagi para pembaca. Sekian terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca.

0 Response to "Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya dalam Pemasaran"

Posting Komentar